RAPAT KOORDINASI KEPALA DESA LAKMARAS DI ABIS BESAR

  • Jul 09, 2024
  • ADRIANUS HELMUT LUAN

Pada Selasa, 09 Juli 2024 Pemerintah Desa Lakmaras melaksanakan Rapat Koordinasi di Abis Besar ( Kewilayahan Abis Tas, Sabulmil dan Opibul). Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Desa Lakmaras Bapak Yulianus Lou Mali ini dihadiri oleh BPD, Ketua PKK Desa, para tokoh adat, para tokoh masyarakat, para tokoh pemudah dan seluruh masyarakat kewilayahan Abis Besar. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat kembali kinerja pemerintah Desa Lakmaras selama setahun terakhir dan juga menggali informasi di kewilayahan se- Desa Lakmaras tentang kebutuhan warga sebelum melakukan Musdes Prioritas Tahun 2025, untuk dapat dimuat dalam usulan prioritas yang nantinya dapat direngkingkan sebagai pertimbangan dalam penganggaran di tahun berikutnya.

Dalam pembukaan sambutannya, Kepala Desa Lakmaras berharap kehadiran masyarakat Abis Besar dalam rapat kali ini menjadi sesuatu yang berguna sehingga mampu menghadirkan usul dan saran tentang rencana kerja pemerintah di tahun 2025. Dia juga berharap masyarkat mampu memberikan kritik terhadap pemerintah Desa Lakmaras dari tingkat RT sampai Kepala Desa tentang kinerja selama ini apabila terdapat hal – hal yang kurang memuaskan dalam pelayanan di tahun sebelumnya baik itu pelayanan administrasi maupun tentang  pelayanan pembangunan.

“ Rapat di dusun merupakan hal yang istimewa karena masyarakat dapat menyampaikan hal yang penting kepada pemerintah Desa secara langsung, berupa usul saran dan juga kritik terhadap kinerja pemerintah desa demi kemajuan Desa Lakmaras kedepannya. Inilah waktu terbaik semua warga untuk berpatisipasi dalam hal berpikir tentang perencanaan Desa karena semua orang diberikan waktu berbicara, sedangkan saat Musdes prioritas, pastinya yang hadir hanya utusan dari setiap kewilayahan berjumlah 6 sampai 7 orang saja”. tutur Yulianus dalam sambutannya.

Kegiatan yang berjalan dari jam 09.00 wita sampai jam 02.15 ini berjalan begitu baik diwarnai berbagai usul dan saran serta kritik dari berbaigai pihak. Pemerintah Desa Lakmaras begitu antusias mendengar semuanya itu sebelum memberikan tanggapan balik kepada para warganya. Dalam kegiatan ini pemerintah desa mendapat beberapa usulan penting tentang kebutuhan warga yang akan dimuat dalam musdes prioritas nanti.

Dalam Jadwal dari Kabupaten pada tanggal 17 juli 2024 nanti, Desa Lakmaras akan melaksanakan kegiatan Musdes Prioritas untuk tahun 2025. Demi melaksanakan kegiatan tersebut maka Pemerintah Desa Lakmaras harus menggali informasi tentang kebutuhan warganya melalui kegiatan seperti hari ini. sehingga setiap usul saran dari masyarakat saat ini sebagai suatu gambaran kebutuhan wajib warga yang tentunya akan di usul dalam musdes nanti yang merupakan tahap awal dalam perencanaan desa untuk tahun 2025.

Wilayah Abis Besar merupakan tempat pertama bagi Pemerintah Desa Lakmaras melakukan Rapat koordinasi. Dalam jadwal sesuai surat yang dikeluarkan ke 7 (tujuh) Kewilayahan, Pemerintah Desa Lakmaras akan melakukan Rapat Koordinasi untuk beberapa hari kedepan di semua kewilayahan yang ada di Desa Lakmaras. Kewilayahan Lesubere dan Kotasai akan mendapat jadwal selanjutnya sebelum kewilayan Lakmaras Tas dan Mebupor.